Info Burinyay
Kegiatan PemerintahanPeristiwa

Festival Seni dan Budaya Kecamatan Cileunyi: Pelestarian Budaya dan Pembangunan Daerah

Bupati Bandung, HM Dadang Supriatna, disambut dan di usung naik burung Rajawali, sebagai penghormatan atas kehadiranya, pada Festival Seni dan Budaya Kecamatan Cileunyi, Rabu (12/06/2024)

Bandung, Info Burinyay – Ribuan warga dari sejumlah desa di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, memadati Lapangan Soeta Kampung Cikoneng III RT 03/RW 03 Desa Cibiru Wetan untuk menghadiri Festival Seni dan Budaya.

Festival ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna, disambut hangat oleh masyarakat, seniman, seniwati, dan pelajar. Berbagai pagelaran seni dan budaya, seperti seni tradisional reak, kuda renggong, benjang, dog dog, celempung, dan lainnya, turut memeriahkan acara tersebut.

Kehadiran Bupati Bandung diapresiasi banyak pihak sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap pelestarian seni dan budaya di Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Cileunyi.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna, mengungkapkan apresiasinya terhadap festival ini yang baru pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Cileunyi.

“Pada kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Bandung turut mengapresiasi kegiatan festival seni dan budaya di Kecamatan Cileunyi dalam rangka Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung,” tutur Dadang.

Dadang mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung untuk terus berkolaborasi dengan Paseban dalam melestarikan seni dan budaya.

“Dengan harapan seni dan budaya di Kabupaten Bandung diakui di tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional,” katanya.

Kang DS juga memastikan kondisi Kabupaten Bandung pasca pandemi Covid-19 dalam keadaan kondusif.

“Kerukunan masyarakat tetap terjaga, dengan harapan terwujudnya masyarakat Kabupaten Bandung yang BEDAS,” ucapnya.

Bupati Bandung juga mendorong kreativitas seniman dan seniwati dalam menampilkan potensi seni dan budaya di Kabupaten Bandung.

“Harapannya para seniman dan seniwati bisa tampil secara maksimal,” katanya. Kang DS menekankan pentingnya peningkatan sumber daya manusia yang profesional dan paham teknologi informasi dalam menghadapi Indonesia Emas 2045.

Kang DS mengutarakan bahwa seniman dan seniwati perlu diperhatikan dalam konteks peningkatan sumber daya manusia.

“Harapannya profesi mereka bisa dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat,” ujarnya.

Bupati Bedas ini juga memberikan perhatian khusus kepada para seniman dan seniwati dengan memberikan bantuan paket sembako dalam upaya pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Selain itu, Dadang Supriatna juga mensosialisasikan penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Bandung. Di Kecamatan Cileunyi, telah didirikan dua SMP Negeri dan akan dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk unit sekolah baru SMAN.

“Kita sudah dapat restu dari Pak Sekda Provinsi Jabar untuk mendirikan bangunan SMAN baru. Tempat dan lokasi akan dilakukan kajian,” katanya.

Pemkab Bandung juga memberikan bantuan motor baca (Torca) untuk 31 kecamatan di Kabupaten Bandung guna memberantas buta huruf dan meningkatkan sumber daya manusia.

Selama tiga tahun kepemimpinannya, Kang DS berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Rp 960 miliar menjadi Rp 1,3 triliun, serta meningkatkan APBD Kabupaten Bandung dari Rp 4,6 triliun menjadi Rp 7,4 triliun.

Festival Seni dan Budaya di Kecamatan Cileunyi ini menjadi momentum penting untuk memperkuat kebersamaan dan semangat pelestarian budaya di Kabupaten Bandung.

Sumber : Humas Pemkab-Diskominfo

Related posts

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.